Perbedaan Software Akuntansi Desktop Dengan Cloud

Perbedaan Software Akuntansi Desktop Dengan Cloud

Kebutuhan akan Software Akuntansi di Indonesia sangat berkembang pesat saat ini. Setiap perusahaan baik yang skala UKM maupun enterprise memerlukan sebuah Software Akuntansi untuk membereskan masalah pembukuan. Dengan adanya Software Akuntansi, pekerjaan dalam sekejap dapat terselesaikan. Software Akuntansi yang sering digunakan di Indonesia adalah Software Akuntansi Desktop, mengingat di Indonesia sendiri internet belum cukup mendukung untuk penggunaan software akuntansi web based (online).

Software Akuntansi Desktop

Saat ini seringkali kita mendengar istilah Cloud Computing, secara garis besar cloud computing ini menggabungkan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet yang menggunakan “awan” (cloud) sebagai metafora dari internet. Cloud computing ini pada akhirnya digunakan oleh software provider untuk pengembangan produknya, termasuk Software Akuntansi.

Apa sih Software Akuntansi Desktop?

Karakteristik yang pertama dari Software Akuntansi desktop adalah aplikasi yang perlu diinstall terlebih dahulu di komputer-komputer sebelum menggunakannya. Software ini menggunakan database yang disimpan di komputer lokal. Customer dapat memilih salah satu komputer yang akan dijadikan sebagai server penyimpanan database. Biasanya memiliki nomer license yang teregistrasikan di komputer seperti layaknya antivirus atau license windows. License tersebut dapat digunakan sampai batas waktu yang tidak ditentukan, tergantung dari developer softwarenya.

Apa sih Software Akuntansi Cloud?

Cloud accounting software tidak jauh berbeda dengan software akuntansi sebelumnya yang menggunakan installer dan diinstal sendiri, yang membedakan hanya software accounting ini disimpan pada remote server. Data dikirim ke “cloud” dimana data diproses dan dikembalikan ke user. Semua fungsi aplikasi dilakukan off-site, tidak melalui desktop user. Pada cloud computing, user mengakses aplikasi software yang dioperasikan melalui internet atau jaringan lainnya via aplikasi cloud service provider.

Perbedaan Cloud Accounting dengan Accounting Software Desktop

Cloud Accounting Software

  1. Sistem harus dijalankan menggunakan browser.
  2. Diperlukannya koneksi internet.
  3. Dapat terjadi kemungkinan lambatnya/ loading proses dikarenakan system tergantung koneksi internet.
  4. Kemungkinan service performance yang kurang konsisten dari
  5. Membutuhkan waktu pengiriman data dari server ke client.
  6. Relatif sulit untuk memodifikasi settingannya.
  7. Adanya resiko data user akan diakses oleh orang lain karena hosting dilakukan secara bersama-sama.
  8. Adanya resiko data ownership kehilangan kepemilikan data begitu data disimpan dalam

Desktop Accounting Software

  1. Sistem dapat dijalankan dan berdiri sendiri tanpa menggunakan browser.
  2. Tidak perlu koneksi Internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
  3. Prosesnya akan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan sistem yang berbasi web.
  4. Memiliki performa yang baik karena berjalan diatas spesifikasi hardware yang sudah ditentukan sebelumnya.
  5. Tidak membutuhkan waktu pengiriman data dari server ke client atau sebaliknya seperti pada web.
  6. Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
  7. Resiko data user dapat diakses oleh orang lain sangat kecil karena aplikasi hanya terinstal di perangkat hardware milik user.

Berbeda dengan software akuntansi desktop, software akuntansi web based menjalankan program dari browser. Pengguna hanya perlu membuka program akuntansi tersebut dari browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari dll. Pengguna tidak perlu menginstall program tersebut ke hardisk komputer layaknya software akuntansi desktop. Penggunaan software akuntansi web based sebenarnya sangat simple dan bisa dibuka dari mana saja. Namun, penginputan transaksi sangat bergantung pada internet. Jika internet lagi mati atau down, kemungkinan besar user tidak bisa membuka database dan menginput transaksi.

Sebaliknya, software akuntansi desktop merupakan pilihan yang logis “ mengingat kondisi internet di Indonesia belum stabil. Software akuntasi web based pun masih sedikit yang beredar dipasaran. Kami dari EASY Accounting System menyediakan salah satu software Dekstop untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Software akuntansi Easy Accounting System

New-Box-Easy

Software akuntansi Easy Accounting menggunakan engine database yang mampu menampung banyak data. Easy Accounting juga dapat digunakan secara online, sehingga database dapat diakses di mana saja selama sisi client dan server terhubung internet. Juga dilengkapi dengan laporan dan template yang dinamis, sehingga dapat di ubah sesuai dengan keinginan.

EASY 3 Accounting juga mampu menampung jumlah stok yang cukup banyak mencapai 800.000 item Stok dan untuk ukuran database tergantung dari kemampuan PC anda. Easy3 Accounting juga selalu memberikan Inovasi – Inovasi untuk mempermudah dalam melakukan Transaksi Bisnis anda.

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi EASY dan Demo Software EASY di Kantor Anda, Silahkan Menghubungi :

Nicko

HP/WA : 0859 6643 6628

Telp : 021-53125706

Email : marketing@anekasolusindo.com

www.anekasolusindo.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *