Manfaat Menggunakan Software Akuntansi vs Akuntansi Manual

Software Akuntansi Untuk Bisnis Anda

Software Akuntansi Untuk Bisnis – Perkembangan dari berbagai mancam jenis software akuntansi untuk bisnis yang saat ini sudah banyak beredar dipasaran yang dikhususkan untuk berbagai jenis bidang usaha secara umum. Karena sebenarnya sudah sangat banyak juga dari beberapa perusahaan baik yang berskala besar maupun yang berskala menengah sudah menggunakan software akuntansi.

Namun terkadang banyak diantara para pebisnis-pebisnis baru yang suka dengan menyepelekan terhadap laporan keuangan perusahaan mereka sendiri. Karena mereka menggangap bahwa akan lebih percaya diri jika menggunakan cara manual untuk perhitungan laporan keuangannya.

Faktor human error seringkali terjadi akibat kelalaian dari manusia itu sendiri yang tidak teliti atau lupa dalam mengerjakan tugasnya masing-masing. Maka dari itu, banyak diantar perusahaan-perusahaan besar yang tidak ingin hal tersebut sampai terjadi ketika sedang mengerjakan laporan keuangannya. Karena itulah Software akuntansi untuk bisnis adalah suatu pilihan yang tepat bagi Anda yang merasa kebingungan sebagai solusi tentang laporan keuangan perusahaan.

software akuntansi untuk bisnis

Dan beberapa manfaat penting yang bisa Anda dapatkan dan keuntungan pasca Anda menggunakan software akuntansi adalah sebagai berikut :

1. Pengeloaan Inventory Jauh Lebih Aman

Inventory merupakan salah satu asset yang ada pada perusahaan Anda, baik dalam bentuk barang yang sudah dimiliki atau masih dalam proses pembuatan yang kemudian akan dijual. Dari inventory tersebut itulah Anda akan dapat mengetahui informasi tentang seberapa besar jumlah bahan baku, barang dalam proses serta barang jadi yang akan di munculkan kedalam laporkan. Dengan begitu ketika akan mengerjakan laporan tidak akan muncul kesalahan yang sama sekali lagi. Namun seandainya terjadi human error karena faktor lupa atau faktor lain, maka sistem akan dengan cepat memperingatkan pihak user bahwa dia telah melakukan kesalahan input pada program. Sehingga dapat diperbaiki dan diselesaikan dengan cepat kesalahan tersebut karena sudah diperingatkan oleh software akuntansi tesebut.

2. Membantu Proses Stock Opname

Fungsi utama dari proses stock opname yang dilakukan ini adalah bertujuan untuk menghitung dan mencocokkan perbandingan antara berapa jumlah/Qty dari stok fisik dengan stock persediaan dalam pencacatan apakah sudah sesuai atau masih belum setiap produk dalam stock gudang persediaan.

Selain itu juga tujuan lain dari proses stock opname ini adalah untuk mengetahui kebenaran dari laporan dalam pembukuan yang memberitakan kevalidan dari laporan keuangan. Apakah datanya sudah benar-benar cocok atau tercium adanya aroma kecurangan pada laporan tersebut, hanya dapat diketahui dari proses stock opname ini.

3. Transaksi Pembelian

Tentu saja hal ini sangat berkaitan dengan pembelian yang sudah dilakukan oleh perusahaan Anda. Pada software akuntansi terdapat menu purchase order (tidak semua versi) yang dapat menjadikannya sebagai bukti paling otentik dalam dokumen dari transaksi pembelian perusahaan.

Dan yang lebih penting lagi adalah adanya menu Retur Pembelian yang biasanya digunakan untuk barang yang tidak sesuai dengan pesanan. Atau karena rusak selama dalam pengiriman untuk diganti dengan barang yang baru sesuai dengan pertanggungjawaban masing-masing pihak (pembeli dan penjual). Pada software akuntansi secara umum fitur purhase order dan retur pembelian ini akan sangat memudahkan Anda dalam mengetahui tentang laporan pembelian Anda selama ini.

4. Transaksi Penjualan

Pada dasarnya transaksi penjualan tidak jauh berbeda dengan transaksi pembelian hanya kebalikannya saja. Fungsi dari transaksi penjualan ini adalah untuk dapat melihat detail pajak (ppn), diskon dan lain sebagainya. Pada transaksi pembelian terdapat retur pembelian, maka sebaliknya dengan menu transaksi penjualan. Ini juga terdapat fitur bawaan yang disebut dengan Retur Penjualan yang berfungksi apabila terdapat pengembalian barang penjualan dari para customer. Karena alasan-alasan ketidak cocokan atau alasan lain dan menu ini biasanya sudah include dalam software akuntansi. Terdapat pula menu sales order yang akan dapat membantu Anda untuk pelaporan penjualan Anda selanjutnya.

5. Laporan Neraca

Laporan Neraca ini merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan yang nantinya akan dihasilkan pada setiap periode akuntansi tertentu untuk memperlihatkan seperti apa posisi keuangan perusahaan saat ini.

Dan biasanya hanya terdapat tiga bagian penting yang terlihat dalam neraca, yaitu :

  1. Asset (Harta)
  2. Liabiltas (Kewajiban)
  3. Ekuitas (Modal)

Jadi fungsi utama dari neraca ini adalah untuk menyediakan informasi secara lebih terperinci dan mendalam tentang detail dari nilai debit dan kredit perusahaan.

Demikian beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan software akuntansi untuk bisnis Anda. Jadi laporan terutama laporan keuangan Anda pun akan terasa menjadi lebih mudah serta lebih cepat dalam prosesnya. Apabila dibandingkan dengan proses akuntansi secara manual. Pemilihan dari agen/vendor software tersebut juga harus tepat, agar Anda dapat dengan mudah dalam mengoperasikannya.

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi EASY dan Demo Software EASY di Kantor Anda, Silahkan Menghubungi :

Nicko

HP/WA : 0859 6643 6628

Telp : 021-53125706

Email : marketing@anekasolusindo.com

www.anekasolusindo.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *